Cara Pembayaran Listrik Online

Cara Pembayaran Listrik Online - Kebutuhan  listrik semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk serta frekuensi pembangunan rumah baru yang diikuti dengan semakin meningkatnya pemasangan listrik baru. Kebutuhan listrik di Indonesia sebagian besar masih di-supply oleh pembangkit tenaga listrik yang menggunakan energi diesel atau energi yang tidak bisa diperbaharui, sehingga cadangan energi listrik di Indonesia semakin lama akan semakin berkurang.
Cara Pembayaran Listrik Online

Listrik di Indonesia dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang membutuhkan biaya operasional yang besar. Karena itu pelanggan wajib membayar rekening listrik demi kelancaran operasional PLN. Tunggakan Rekening Listrik dapat mengakibatkan kinerja PLN menjadi buruk. Sebab pendapatan rekening yang diharapkan lancar dari Pelanggan menjadi tidak lancar, sehingga kontinuitas pelayanan kepada Pelanggan juga terganggu. PLN mengalami kesulitan liquiditas untuk kegiatan operasional maupun melayani permintaan penyambungan baru yang semakin meningkat.

Sebagai pelanggan yang baik, anda harus berpartisipasi mendukung kinerja PLN, salah satunya mengetahui cara membayar listrik yang bisa dilakukan secara online. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Cara Mengecek Tagihan Listrik

Ketika Anda membuka web PT.PLN, masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus Anda bayar.

Tempat Membayar Rekening Listrik Secara Online

Pada awalnya pembayaran listrik  membuat orang harus mengantri di kantor PLN. Namun kini seiring perkembangan zaman pembayaran rekening listrik dapat dilakukan secara online di loket-loket atau bank yang bekerjasama dengan PLN, sehingga tidak perlu lagi mengantri di kantor PLN. Dengan fasilitas online ini pelanggan tidak lagi terikat pada satu tempat pembayaran sehingga dapat melakukan pembayaran dimanapun pada bank-bank yang telah bekerja sama dengan PLN. Berikut tempat  pembayaran rekening listrik secara online:

Melalui Kantor Pos
Pembayaran ini dilakukan di loket Kantor Pos. Jika pelanggan memilih membayar dengan cara ini, pelanggan bisa membayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos keliling yang sudah terdaftar sebelumnya.

Melalui loket pembayaran PPOB (Payment Point Online Banking) Mitra Perbankan, ATM, Internet Banking & SMS Bangking.

Anda dapat membayar listrik pascabayar atau membeli voucher sendiri untuk listrik prabayar di loket-loket penyedia jasa Payment Point Online Bank atau disingkat PPOB, yaitu Perbankan yang bekerjasama dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan SMS Bangking  dengan demikian pembayarannya akan langsung masuk ke Kas PLN secara real time.

0 Response to "Cara Pembayaran Listrik Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel